Tarif Tol Semarang-Solo Naik Rp 10 Ribu Jadi 75.000 per 27 Juni 2021 Besok

INFOJATENGTERKINI.COM — Mulai 27 Juni 2021, PT Trans Marga Jateng (TMJ) akan menetapkan kenaikan tarif ruas jalan tol Semarang-Solo dari Rp 65 ribu menjadi Rp 75 ribu atau sekira Rp 10 ribu.

Untuk penyesuaian tarif baru jalan tol Semarang-Solo ini berlaku mulai pukul 00.00 WIB pada 27 Juni 2021

Direktur Utama PT TMJ Denny Chandra Irawan mengatakan pemberlakuan tarif baru tersebut sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.752/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Jalan Tol Semarang-Solo Tanggal 9 Juni 2021.

Penyesuaian tarif ini telah memperhitungkan penundaan tarif tol sebelumnya untuk tiga seksi sepanjang 72,64 kilometer di Jalan Tol Semarang-Solo pada 2019 dan 2020.

Nantinya, pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1, dari Gerbang Tol Banyumanik menuju Gerbang Tol Surakarta dikenai biaya Rp 75 ribu

Menurut Denny, penyesuaian tarif Jalan Tol Semarang-Solo kali ini memperhitungkan penundaan penyesuaian tarif untuk Seksi I Banyumanik-Ungaran dan Seksi II Ungaran-Bawen yang seharusnya terjadwal pada Juli 2020.

Kemudian, memperhitungkan besaran laju inflasi daerah dan penundaan penyesuaian tarif juga berlaku untuk Seksi III Bawen-Salatiga yang seharusnya terjadwal pada September 2019.

Ia menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan di Jalan Tol Semarang-Solo untuk memenuhi SPM yang merupakan ukuran standar pelayanan yang harus dipenuhi PT TMJ sebagai Badan Usaha Jalan Tol sesuai Peraturan Menteri PUPR.

PT TMJ juga mengklaim telah meningkatkan pelayanan yang mencakup layanan transaksi, layanan lalu lintas dan layanan konstruksi yang dilakukan dalam rangka memberikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan kepada pengguna jalan tol.

PT TMJ secara konsisten melakukan upaya peningkatan layanan kapasitas transaksi dengan penambahan gardu operasi di Gerbang Tol (GT) Banyumanik, penambahan gardu satelit di GT Ungaran, serta penambahan gardu reversible di GT Bawen dan GT Boyolali.

Kemudian di bidang layanan lalu lintas, ruas jalan tol Semarang-Solo telah berupaya menambah fasilitas seperti pemasangan Smart CCTV, penambahan CCTV lajur, pemasangan Variable Message Sign (VMS), pemasangan Guardrill di sepanjang jalan tol, pemasangan roller barrier, dan LED Chevron dan penambahan Kendaraan Operasional Ambulance dan Rescue.

Tidak kalah penting, dalam hal pelayanan konstruksi telah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan fisik jalan tol secara periodik, rekonstruksi perkerasan guna meningkatkan kualitas jalan, penghijauan di sepanjang jalan tol, pembersihan lajur jalan tol dan saluran air.(*)

Sumber Tribun Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*