Pulang Dinas di Lebanon, Prajurit TNI Sukses Jadi Petani Buah Tin

Pulang Dinas di Lebanon, Prajurit TNI Sukses Jadi Petani Buah Tin

INFOJATENGTERKINI.COM — Kisah inspiratif dari anggota TNI yang kini bertugas sebagai Babinsa Koramil 0815/13 Kutorejo Mojokerto Jawa Timur ini.

Berlatar belakang sebagai petani, pria asal Kintamani, Bali ini mengaku awalnya hanya iseng menanam buah tin.

Koptu I Wayan Sudiyasa yang kini menjadi pemasok buah tin besar di sejumlah supermarket di Jawa Timur, utamanya di Surabaya ini mengaku saat tugas di Lebanon tahun 2013, saat patroli saya melihat buah tin

Sebagai keturunan petani saya tertarik untuk menanam buah tin sepulangnya ke Indonesia.

“Di sana (Lebanon) sangat maju (tanaman buah tin) karena manfaatnya sangat bagus sehingga saya terinspirasi,” kata Wayan.

Niat Wayan untuk menanam buah tin makin menjadi ketika dia mengetahui bahwa di Indonesia sudah ada komunitas petani buah tersebut.

“Saya main ke perkebunan di Surabaya dan saya makin bersemangat karena ternyata di Indonesia mudah untuk ditanam,” ujarnya.

Berawal dari menanam di teras asrama rumah dinasnya, tanaman buah tin Wayan nyatanya bisa menghasilkan uang.

Sebelum pohonnya berbuah, dia lebih dulu menjual cangkokan pohon tin. Satu cangkokan tanaman buah tin yang ditanamnya itu bisa dijual Rp 300 ribu.

“Sekarang saya ada 500 indukan. Kalau bibit ada 3 ribu,” ujar Wayan yang kini telah menanam buah tin di lahan luas dan memberdayakan warga sekitar.

Dalam sepekan, buah tin yang ditanam Wayan bisa panen sebanyak tiga kali.

“Sekali panen dapat 10 kg langsung kita kirim ke supermarket,” kata Wayan.

Kegiatan Wayan ini mendapat dukungan penuh dari atasannya. Dia pun berharap agar ke depan masyarakat Indonesia makin tertarik bertani agar tak perlu lagi mengimport buah-buahan.

Apa itu buah tin dan manfaatnya?

Seperti dilansir detik.com ada 13 manfaat Buah Tin yang disebutkan dalam Al-Quran dan menjadi surat khusus bernama At-Tin.

Dalam surat tersebut, Allah SWT bersumpah sesuatu yang agung dengan memakai nama buah Tin. Hal tersebut tertulis dalam Quran Surat At-Tin (95:1) berbunyi “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun”.

Berikut 13 manfaat buah tin yang dirangkum detik.com dari berbagai sumber:

1. Kesuburan

Manfaat buah tin untuk kesuburan juga tak diragukan lagi. Pasalnya, buah tin mampu meningkatkan sperma serta menjaga dari kerusakan karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi.

2. Diabetes

Ekstrak dari daun pohon tin bernama ficusin ternyata dapat meningkatkan insulin dan sifat antidiabetes lainnya. Alhasil, perawatan diabetes dengan buah tin dapat membantu.

3. Berat Badan

Mengonsumsi buah tin disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, buah tin mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan sehingga tubuh akan kenyang lebih lama.

4. Disfungsi Seksual

Merendam buah 2-3 buah tin dalam segelas susu selama satu malam dapat meningkatkan gairah seksual dalam tubuh ketika dikonsumsi. Sebab, sebagian kandungan buah tin adalah vitamin dan mineral.

5. Eksim

Buah tin memiliki vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Mengonsumsi buah ini bisa mengobati berbagai masalah kulit, seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis.

6. Anemia

Selain dikenal kaya antioksidan, buah tin juga mengandung zat besi yang sangat tinggi. Buah ini mampu meningkatkan jumlah hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

7. Pencernaan

Buah tin juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Kandungan serat yang tinggi membuat tubuh menyerap banyak air sehingga tinja menjadi lebih lembut.

8. Tulang

Kandungan kalsium dalam buah tin dapat menguatkan tulang, khususnya mencegah keropos. Maka dari itu disarankan untuk mengonsumsi buah tin secara berkala.

9. Luka

Selain untuk dikonsumsi, buah tin juga bisa digunakan untuk mengobati luka. Caranya dengan memasak buah tin hingga mendidih, lalu tambahkan susu. Dinginkan adonan buah tin dan balut pada bagian yang terluka.

10. Tumor

Buah tin mengandung benzaldehid serta fenol. Zat tersebut diketahui berkhasiat sebagai zat penangkal tumor.

11. Membantu Tidur

Ingin tidur nyenyak malam ini? Buah tin bisa menjadi solusinya. Pasalnya, buah ini mengandung trytophan yang bisa membuat tubuh merasa lebih rileks.

12. Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 dan kalium dalam buah tin dapat mencegah penyakit jantung koroner. Zat ini juga banyak terdapat pada buah pisang dan mangga.

13. Kolesterol

Banyaknya kandungan serat dalam buah tin juga dapat mengatasi kolestrol. Dengan begitu, kandungan kolestrol dalam tubuh dapat terbuang dalam sistem ekskresi. (*)

Check Also

Apa itu Palladium Logam Langka yang Multifungsi dan Bedanya dengan Emas?

INFOJATENGTERKINI.COM¬† — Palladium adalah salah satu jenis logam mulia yang terdapat pada nomor atom 46 …

Harga Emas Antam di Semarang Hari Ini Naik Menjadi Rp 1.092.747/Gram

Harga Emas Antam di Semarang Hari Ini Naik Menjadi Rp 1.092.747/Gram INFOJATENGTERKINI.COM — Harga Emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *