Profil Mario Aji Pebalap Moto3 Indonesia

INFOJATENGTERKINI.COM — Pebalap Moto3 Indonesia, Mario Suryo Aji atau yang akrab disapa Mario Aji akan kembali adu cepat pada hari Minggu, tepatnya pada 14 Mei besok. Balapan akan dilangsungkan di Sirkuit Le Mans, Prancis yang memiliki catatan tersendiri di mata Bos Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama.

Mantan pembalap MotoGP yang kini menjadi bosnya Mario Aji itu menyebut sirkuit Le Mans sulit ditaklukkan. Sirkuit sepanjang 4,185 km ini memiliki beberapa kombinasi trek panjang cepat hingga chicane yang sulit diatasi.

Namun, pria asal Jepang itu tetap menyambut Moto3 Prancis 2023 dengan optimistis dan harapannya bahwa peningkatan para pembalapnya di seri Jerez sebelumnya akan berlanjut di Le Mans.

Mario Aji juga menyambut Moto3 Prancis 2023 dengan rasa optimistis yang sama dengan Aoyama. Pengalaman bagus saat membalap di Le Mans musim lalu menjadi patokan bagi pembalap Indonesia ini.

“Pekan ini kami datang di Le Mans,” ucapnya. “Pengalaman saya tahun lalu cukup bagus. Saya menunjukkan catatan waktu yang bagus meskipun hasilnya tidak sebagus yang diharapkan. Tujuan saya adalah tampil konsisten dan saya ingin merasa nyaman sejak latihan satu. Saya sudah siap untuk balapan kali ini, mari kita lihat apa yang akan terjadi.”

Mario Aji akan memulai balapannya di nomor start ke-19. Ia akan berusaha tampil maksimal dan mencatatkan hasil yang lebih baik di Moto3 Prancis 2023. Kita doakan agar Mario Aji dapat menunjukkan performa terbaiknya dan meraih hasil yang memuaskan di balapan nanti.

Hasil FP2 Moto3 Prancis 2023

Mario Aji punya kesempatan untuk langsung lolos ke babak Q2 setelah tampil baik di FP2 Moto3 Prancis 2023 yang dipimpin Jaume Masia.

Jaume Masia (Leopard Racing) menjadi pembalap tercepat pada sesi FP2 Moto3 Prancis 2023.

Masia sukses mencatatkan waktu 1 menit 41,856 detik dan sukses merebut pimpinan sesi dari Ayumu Sasaki (Liqui Moly Husqvarna Intact GP) di detik-detik penghabisan.

Ayumu Sasaki sendiri akhirnya harus puas mengakhiri sesi FP2 Moto3 Prancis 2023 di P2 dengan catatan waktu 1 menit 41,983 detik.

Masia dan Sasaki diikuti oleh Xavier Artigas (CFMOTO Racing PruestelGP) yang menutup tiga besar, setelah menjadi pembalap pertama yang mengalahkan catatan waktu Daniel Holgado (Red Bull KTM Ajo) di catatan waktu kombinasi.

Pembalap Indonesia yaitu Mario Aji (Honda Team Asia) sendiri berhasil menunjukkan peningkatan signifikan di FP2 Moto3 Prancis 2023.

Setelah sempat tertahan di P22 di paruh awal, Mario tiba-tiba meroket ke P6 ketika waktu menunjukkan 6 menit tersisa.

Sayangnya, Mario tidak bisa bertahan di dalam 10 besar hingga akhir FP2 Moto3 Prancis 2023.

Namun, catatan waktu 1 menit 42,845 detik yang ia torehkan cukup untuk membawanya mengakhiri sesi dan catatan waktu kombinasi di P14.

Jika Mario bisa lebih baik atau setidaknya memepertahankan P14 tersebut, pembalap asal Magetan, Jawa Timur tersebut berkesempatan untuk langsung lolos ke babak kualifikasi Q2 Moto3 Prancis 2023.

Sejumlah rekor apik dibuat pembalap Indonesia Mario Aji selama berkarier di balapan Moto3 sejak musim 2021.

Mario Aji untuk kali pertama tampil di Moto3 pada seri Emilia Romagna 2021. Ketika itu Aji membalap dengan status wild card. Dalam debutnya tersebut Mario Aji finis ke-21.

Pada musim 2022, Mario Aji mulai membalap dengan reguler bersama Honda Team Asia. Dari 20 balapan, Mario Aji hanya tiga kali gagal finis, dengan dua di antaranya meraih poin.

Total Mario Aji mengumpulkan lima poin pada Moto3 2022. Moto3 Mandalika 2022 jadi salah satu momen Aji mendapatkan poin usai finis ke-14.

Finis ke-14 yang diraih Mario Aji itu jadi rekor tertinggi bagi pembalap Indonesia pada ajang Grand Prix.

Sebelum itu, Aji menjadi pembalap ‘tercepat’ Indonesia usai start ketiga di Moto3 Mandalika 2022. Dengan start di posisi ketiga, Aji jadi pembalap Indonesia pertama yang start dari baris terdepan di level Grand Prix.

Mario Aji Raih Poin Perdana Musim Ini di Moto3 Amerika

Pebalap Indonesia, Mario Aji, tampil apik di Moto3 Amerika. Ia berhasil meraih poin dari balapan di Circuit of the America, Austin, Amerika Serikat, pada Minggu (16/4).

Mario Aji melakoni balapan dengan cukup sulit. Pasalnya, ia hanya finis di P25 di babak kualifikasi usai berjuang dari latihan bebas pertama hingga terakhir.

Namun demikian, Mario Aji menampilkan performa terbaiknya di sesi balapan. Ia sempat berduel dengan beberapa pebalap pada lap terakhir untuk memperebutkan poin maksimal.

Alhasil, Mario Aji finis di P12 dan merupakan finis terbaiknya di seri 2023.

Capaian ini juga merupakan poin pertama pebalap asal Magetan itu, ia mendapat 4 poin dengan finis di P12.
Catatan ini juga bisa dibilang peningkatan bagi Mario Aji. Pada musim lalu, ia mendapatkan 5 poin dalam 20 seri balapan, P14 di seri Mandalika dan P13 di seri Italia.

Amerika sendiri merupakan seri ketiga Moto3 2023. Musim ini akan dihiasi dengan 21 balapan, dengan begitu Mario Aji masih punya 18 seri lagi untuk mendulang poin.

Usai sesi kualifikasi Moto3 Amerika, Mario Aji mengaku sudah nyaman dengan tunggangannya, NSF250RW.

“Hal paling penting adalah saya merasa nyaman dengan motor. Catatan lap saya di Circuit of the America berkembang jauh dari musim lalu,” kata Mario Aji dikutip dari laman resmi.

Setelah Moto3 Mandalika 2022, Mario Aji merajai latihan bebas Moto3 Portugal 2022 dengan catatan waktu 2 menit, 2,491 detik di FP2.

Dalam Kualifikasi Moto3 Portugal, Mario Aji mempertajam rekor dengan start kedua setelah mencatatkan waktu 2 menit 03,972 detik.

Pembalap 19 tahun itu mencatatkan sejarah lain ketika finis ke-13 di Moto3 Italia di Sirkuit Mugello.

Posisi itu jadi finis terbaik pembalap Indonesia pada ajang Grand Prix.

Aji lagi-lagi membuat rekor setelah finis ke-12 di Moto3 Amerika 2023 di Sirkuit Austin, akhir pekan lalu. Dengan rapor itu, rekor apik Mario Aji di Moto3 terus berlanjut.

Check Also

Janda Permaisuri Feng

Sosok Janda Cantik Feng, Berasal dari Budak hingga Permaisuri Kaisar hingga Berkuasa

INFOJATENGTERKINI.COM — Feng adalah sosok wanita yang memiliki perjalanan hidup yang luar biasa. Awalnya, dia …

Dean Berta Vinales

Dean Berta Vinales Tewas dalam Kecelakaan Balapan WorldSSP 300 di Jerez

Dean Berta Vinales Tewas dalam Kecelakaan Balapan WorldSSP 300 di Jerez INFOJATENGTERKINI.COM — Pembalap Spanyol, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *