Praktik Peliputan Profil Tokoh dan Lembaga

Praktik Peliputan Profil Tokoh dan Lembaga

Berita Profil Tokoh

Tanya seputar data pribadi narasumber, seperti: nama, tempat/tanggal lahir, agama, pekerjaan/profesi, alamat tempat tinggal, alamat kantor, tinggi badan, berat badan, zodiak, hobi, cita-cita masa kecil, cita-cita ketika dewasa, motto hidup, dan sebagainya.

Tanya seputar data keluarganya, seperti: nama kedua orangtua, saudara kandung, istri/suami, dan anak-anaknya. Gali informasi lebih dalam mengenai keberadaan mereka dengan berbagai pertanyaan tambahan.

Tanya seputar latar belakang pendidikan narasumber, baik pendidikan formal maupun nonformal. Kalau pendidikan formal cukup ditanyakan nama sekolah dan tahun lulusnya, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai pendidikan tertinggi, sedangkan pertanyaan seputar pendidikan nonformal, bisa anda tanyakan tentang kursus atau pelatihan yang pernah diikutinya. Tanya apa nama pelatihan/kursusnya, dimana belajarnya dan kapan lulusnya.

Tanya seputar pengalaman pekerjaannya mulai dari awal bekerja sampai sekarang. Anda bisa gali pertanyaan seputar perjalanan karir narasumber, suka dukanya, dan hal menarik lainnya.

Tanya juga apakah narasumber suka berorganisasi? Kalau suka, lanjutkan pertanyaan seputar pengalaman organisasinya dan mengapa dia suka berorganisasi.

Tanya apakah narasumber pernah mendapatkan prestasi? Kalau pernah, prestasi apa saja yang pernah diraihnya? Kapan? Apa kiat-kiatnya sehingga bisa meraih prestasi?
Tanya seputar pengalaman hidupnya yang paling berkesan, baik pengalaman manis maupun pahit. Tujuannya agar bisa menjadi inspirasi dan pembelajaran bagi pembaca.
.
Tanya apa saja cita-cita atau impian narasumber yang sudah tercapai dan bagaimana cara dia meraihnya.
Tanya apa saja cita-cita atau impian narasumber yang belum tercapai hingga sekarang dan apa saja langkah yang akan ditempuh untuk merealisasikannya.
Tanya apa kiat-kiat atau kunci sukses hidupnya dan pesan-pesannya untuk generasi muda Indonesia.

Menulis Sejarah Pondok atau Sekolah
– kumpulkan data bisa via internet atau minta ke pengelola
– Wawancara

Pimpinan Pondok atau Tokoh Pondok
– tanyakan sejarah berdirinya pondok atau sekolah
– tanyakan kondisi saat ini dari perkembangan pondok atau sekolah
– tanyakan visi misi, target dan pendirian pondok dan sekolah
– tanyakan harapan dan impiannya

Siswa pondok
tanyakan kesan selama sekolah dan mondok dll

Orangtua siswa
tanyakan alasan kenapa menyekolahkan anaknya di gnbs atau mondok

Selamat Mencoba

Semoga Lancar Barokah

KIAT MENULIS BERITA

Check Also

Jurnalistik Multipaltform atau Multimedia

Jurnalistik Multipaltform atau Multimedia Hasil liputan jurnalistik¬† baik berupa berita tulis (teks), berita video (teks, …

menulis berita

MENULIS BERITA

MENULIS BERITA MENULIS BERITA MERUPAKAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SETELAH PROSES PENGUMPULAN FAKTA JENIS PENULISAN BERITA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *