Bagaimana cara mengetahui dan mengukur kadar saturasi oksigen

INFOJATENGTERKINI.COM —  Bagaimana cara mengetahui dan mengukur kadar saturasi oksigen untuk memastikan kondisi badan kita sehat?

Pengecekan kadar oksigen dalam darah ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat oximeter. Kita bisa meletakkan ujung jari pada alat berbentuk penjepit ini, dan sensor akan menampilkan angka saturasi oksigen kita.

Angka saturasi oksigen normal menunjukkan organ tubuh seperti paru, jantung dan sistem peredaran darah bekerja dengan baik.

Bila masih normal artinya kondisinya masih tergolong stabil dan belum perlu dibawa ke rumah sakit.

Berapa kadar saturasi oksigen yang normal untuk pasien isoman?

95-100 : Pasien dalam kondisi baik

93-94   : Pasien perlu berbaring untuk meningkatkan kadar oksigen

<92      : Pasien perlu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dari dokter

<80      : Pasien perlu menggunakan ventilator

Nilai saturasi oksigen yang berada di bawah 94 disebut dengan hipoksia atau kekurangan oksigen.

Dalam keadaan ini, kita membutuhkan bantuan oksigen agar tubuh dapat berfungsi dengan normal.

Kondisi ini bahkan sangat berisiko bagi keselamatan pasien, sehingga tidak boleh dibiarkan. Pastikan untuk membawa pasien isoman ke layanan kesehatan terdekat agar mendapatkan pertolongan ahli.

Teknik proning

Teknik proning banyak disarankan bagi pasien Covid-19 untuk meningkatkan kadar saturasi oksigen.

Teknik pernapasan ini bisa dilakukan untuk menekan gejala pemburukan, seperti yang dibagikan Kementerian Kesehatan lewat akun Instagram-nya.

Selama melakukan teknik ini, upayakan berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Jika proning sudah sering dilakukan, namun tidak memberikan hasil berarti, segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.

Berikut adalah tahapan untuk melakukan teknik proning:

1. Berbaring tengkurap di atas alas.

Gunakan bantal di bawah leher, panggul, dan kaki.

Berbaringlah di atas perut dan lakukan posisi ini selama 30 menit.

2. Pada posisi kedua, kita berbaring menyamping.

Letakkan alas dan bantal di bawah leher, panggul, dan dijepit di antara kedua kaki.

Pastikan berbaring ke sisi kanan dan pertahanka posisi ini selama 30 menit.

3. Tahapan terakhir, berbaringlah dalam posisi duduk. Gunakan penyangga bantal agar membentuk posisi setengah duduk.

Sama seperti dua posisi sebelumnya, lakukan ini selama 30 menit.

Berapa saturasi oksigen normal? Ini penjelasan dan cara mengukurnya

Saturasi oksigen adalah parameter penting untuk menentukan kadar oksigen di dalam darah.

Dikutip dari News Medical Life Sciences, saturasi oksigen mengukur persentase oksihemoglobin (hemoglobin yang terikat oksigen) dalam darah, dan direpresentasikan sebagai saturasi oksigen arteri (SaO2) dan saturasi oksigen vena (SvO2).

Saturasi oksigen normal SaO2 untuk orang dewasa adalah 95 – 100%. Nilai yang lebih rendah dari 90% dianggap saturasi oksigen rendah, yang membutuhkan pasokan oksigen eksternal.

Cara mengukur saturasi oksigen

Pengukuran saturasi oksigen sangat penting bagi pasien dengan kondisi kesehatan yang dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah.

Kondisi tersebut antara lain penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, pneumonia, kanker paru-paru, anemia, gagal jantung, serangan jantung, dan gangguan kardiopulmoner lainnya.

Ada dua cara untuk mengukur saturasi oksigen yakni dengan oximeter dan analisis gas darah.  Metode yang paling umum untuk mengukur saturasi oksigen adalah oximeter. Oximeter adalah metode yang mudah dan tanpa rasa sakit.

Alat pengukur saturasi oksigen ini berbentuk klip yang ditempatkan di ujung jari tangan atau daun telinga. Kemudian, saturasi oksigen diukur menggunakan sinar inframerah yang diserap oleh darah.

Sementara, analisis gas darah adalah cara lain untuk mengukur saturasi oksigen dengan mengukur tingkat oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Hasil analisis gas darah lebih akurat dibandingkan oximeter karena dilakukan di rumah sakit dan dikerjakan oleh tenaga medis profesional.

Untuk mengukur saturasi oksigen, darah dapat dikumpulkan dari pergelangan tangan (analisis gas darah arteri) atau daun telinga (analisis gas darah kapiler).

Analisis gas darah terutama digunakan untuk menentukan apakah paru-paru berfungsi penuh untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida secara efektif.

Apa yang terjadi ketika saturasi oksigen turun?

Saturasi oksigen yang lebih rendah dari normal didefinisikan sebagai hipoksemia. Hipoksemia dapat diakibatkan oleh komplikasi kardiopulmoner, sleep apnea, obat-obatan tertentu, dan berada di ketinggian.

Gejala hipoksemia yang paling umum termasuk sakit kepala, detak jantung cepat, batuk, sesak napas, napas berbunyi, kebingungan, dan kebiruan pada kulit dan selaput lendir (sianosis).

Sianosis adalah kondisi patologis yang ditandai dengan saturasi oksigen yang sangat rendah. Ada dua jenis sianosis yakni sianosis sentral dan sianosis perifer. Pada sianosis sentral, tingkat saturasi oksigen turun di bawah 85%, yang menyebabkan munculnya rona kebiruan yang terlihat di seluruh kulit dan mukosa.

Pada sianosis perifer, yang umumnya terjadi karena peningkatan pengambilan oksigen oleh jaringan perifer, rona kebiruan hanya muncul pada bagian tubuh perifer, seperti tangan dan kaki.

Penyebab paling umum dari sianosis perifer termasuk stasis vena atau paparan dingin yang ekstrim.

Bagaimana cara meningkatkan saturasi oksigen yang rendah?

Pada penurunan saturasi oksigen normal di titik kritis, harus ditangani dengan tambahan oksigen eksternal. Namun, untuk kondisi ringan hingga sedang, ada cara alami untuk meningkatkan tingkat saturasi oksigen darah.

Misalnya, latihan fisik setiap hari dapat meningkatkan kapasitas paru-paru untuk pertukaran gas dan mencegah hipoksemia.

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga atau menerapkan perubahan dalam rutinitas olahraga sehari-hari. Makan makanan yang sehat dan seimbang juga dapat membantu meningkatkan saturasi oksigen darah.

Sebab, kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama saturasi oksigen rendah. Makan makanan yang kaya zat besi, seperti daging, ikan, kacang merah, lentil, dan kacang mete, dapat membantu. (*)

saturasi oksigen, cara mengukur saturasi oksigen,  saturasi normal,  saturasi oksigen adalah,  saturasi oksigen covid,  saturasi oksigen normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*