Apa itu Palladium Logam Langka yang Multifungsi dan Bedanya dengan Emas?

INFOJATENGTERKINI.COM  — Palladium adalah salah satu jenis logam mulia yang terdapat pada nomor atom 46 dalam tabel periodik unsur. Logam ini memiliki warna perak mengkilap yang membuatnya sering digunakan sebagai bahan campuran perhiasan emas, produk elektronik, peralatan medis, aplikasi kimia dan lain-lain.

Palladium termasuk ke dalam golongan logam platina bersama dengan rhodium, ruthenium, iridium, osmium, dan platina.

Sumber palladium berasal dari penambangan di beberapa wilayah Amerika Serikat, Rusia, Afrika Selatan, dan Kanada. Meskipun termasuk ke dalam logam mulia, palladium jauh lebih langka dibandingkan dengan emas, dengan rasio 30:1. Hal ini membuat palladium menjadi salah satu logam yang cukup mahal dan langka di dunia.

Salah satu aplikasi teknologi baru yang memanfaatkan palladium adalah sebagai sel bahan bakar. Selain itu, logam ini juga sering digunakan sebagai campuran perhiasan emas putih, mengingat ketahanannya yang lebih kuat dibandingkan dengan emas.

Namun, terdapat beberapa perbedaan antara palladium dan emas. Secara nilai, palladium memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan emas putih maupun emas biasa.

Emas putih bahkan termasuk dalam empat jenis logam termahal di dunia, di bawah emas kuning. Hal ini disebabkan oleh sulitnya produksi logam mulia tersebut. Dari segi estetika, emas jelas lebih indah dan banyak digunakan sebagai perhiasan dibandingkan palladium. Palladium, perak, dan nikel lebih sering digunakan sebagai campuran perhiasan emas putih, dengan komposisi terdiri dari 75% emas dan 25% logam campuran.

Ketahanan palladium lebih kuat dibandingkan dengan emas, sehingga logam ini sering dijadikan campuran perhiasan agar lebih tahan gores. Selain itu, palladium juga tidak mudah teroksidasi dibandingkan dengan emas putih. Titik lebur palladium pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan emas.

Selain digunakan sebagai bahan campuran perhiasan, palladium juga sering digunakan dalam bidang elektronik sebagai komponen penting. Selain itu, negara Tonga pernah menggunakan palladium sebagai uang koin pada tahun 1967.

Secara keseluruhan, palladium merupakan logam yang multifungsi dan memiliki nilai yang cukup tinggi di pasaran. Meskipun palladium memiliki beberapa perbedaan dengan emas, tetap saja logam ini memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat beragam.

Perbedaan Palladium dan Emas

Ada beberapa perbedaan antara logam palladium dan emas. Walaupun paladium dapat digunakan sebagai perhiasan dan diinvestasikan, namun nilai palladium tetap lebih rendah.

Berikut ini beberapa beda antara jenis logam tersebut, merujuk laman Galeri 24:

1. Nilai

Nilai palladium lebih rendah dibanding emas putih maupun emas biasa. Emas putih bahkan dimasukkan ke dalam empat jenis logam termahal di dunia, di bawah emas kuning. Penyebab mahalnya emas adalah akibat sulitnya produksi logam mulia tersebut.

Dari sisi estetika, emas jelas lebih indah dan banyak digunakan sebagai perhiasan dibanding palladium. Palladium, perak, dan nikel lebih sering dipakai sebagai campuran perhiasan emas putih. Komposisi emas putih terdiri dari 75% emas dan 25% logam campuran.

2. Ketahanan

Palladium lebih kuat dibanding emas, sehingga logam ini dijadikan campuran perhiasan agar perhiasan lebih tahan gores. Selain itu palladium juga tidak mudah korosif atau teroksidasi dibanding emas putih. Titik lebur palladium pun jauh lebih tinggi.

3. Manfaat Sama seperti emas, sebagai perhiasan, paladium banyak digunakan untuk membuat gelang, cincin dan anting, bahkan mata uang koin. Tonga adalah negara yang pernah menjadikan paladium sebagai uang koin pada tahun 1967.

Berapa Harga Palladium?

Harga palladium jika dibandingkan dengan emas memang jauh lebih rendah. Tetapi palladium juga dapat dijadikan sebagai salah satu investasi yang menguntungkan selain emas.

Walaupun demikian, harga palladium yang berfluktuasi membuat banyak investor menganggap investasi pada paladium cukup beresiko. Berbeda dengan emas yang harganya lebih stabil dalam jangka panjang, serta cenderung naik.

Di sisi lain, kedua jenis logam ini tetap menjadi pilihan investasi yang cukup menguntungkan jika investor jeli dan pandai melihat kesempatan yang hadir.

Harga palladium yang tercatat pada laman Bullion-rates per 6 April 2024 adalah sebesar Rp692.716 per gram. Sementara untuk harga jual paladium pada satuan Ounce, harganya adalah Rp21.545.864 per Ounce.

Untuk satuan kilogram, palladium dijual seharga Rp692.715.607.

Cara Merawat Perhiasan Paladium Perhiasan berbahan palladium memiliki pangsa pasar tersendiri saat ini, utamanya bagi orang-orang yang tidak suka atau enggan memakai perhiasan berbahan emas.

Kemilau palladium disebut-sebut lebih tahan lama dan tidak mudah pudar dibanding dengan emas putih.

Cara merawat perhiasan yang terbuat dari bahan palladium cukup mudah, sehingga Anda dapat tetap terlihat elegan mengenakan berbagai koleksi perhiasan paladium.

Berikut tips merawat perhiasan paladium:

1. Lepas perhiasan paladium sebelum mandi atau mencuci, agar tidak terkena bahan kimia pada sabun.

2. Hindari memakai perhiasan ketika sedang melakukan pekerjaan berat, untuk mencegahnya tergores atau rusak.

3. Jangan simpan bersama perhiasan berbahan emas atau perak, karena elemennya akan saling merusak.

4. Cuci dan bersihkan perhiasan paladium menggunakan air hangat dan sabun pencuci piring. Rendam selama 15 menit lalu usap dengan kain lembut berbahan microfiber.

5. Air lemon dan soda juga dapat digunakan untuk menambah kilau perhiasan paladium Anda. Caranya dengan mencampur bubuk soda dengan perasan lemon, lalu usapkan cairan tersebut ke permukaan perhiasan. Diamkan sejenak, dan bilas dengan air bersih.

Sumber :Tirto

Check Also

Token Listrik

Sah! Ini Daftar Harga Terbaru Token Listrik & Kuota Pemakaian kepada Pelanggan

Sah! Ini Daftar Harga Terbaru Token Listrik & Kuota Pemakaian kepada Pelanggan INFOJATENGTERKINI.COM — PT …

Pasar Grosir Batik Sentono Pekalongan

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan Grosir Batik Terbesar di Pekalongan

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan Grosir Batik Terbesar di Pekalongan INFOJATENGTERKINI.COM —  Pasar Grosir Batik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *