Lima Ribu Lampion dan Caknan di Jazz Atas Awan Dieng Culture Festival 2022

Lima Ribu Lampion dan Caknan di Jazz Atas Awan Dieng Culture Festival 2022

INFOJATENGTERKINI.COM — Setelah dua tahun tidak digelar karena Covid-19 akhirnya festival budaya dieng kembali digelar, Jumat (2/9/2022).

Festival yang paling ditunggu di pagelaran Dieng Culture Festival ini adalah menerbangkan ribuan lampion secara massal.

Ribuan lampion yang diterbangkan secara massal oleh wisatawan ini menghiasi langit dataran tinggi dieng.

Lampion yang diterbangkan oleh wisatawan terbuat dari plastik. Lampion diberi sumbu api dan kemudian diterbangkan serentak ke udara.

Setelah diterbangkan ribuan lampion menghiasi begitu indah menghiasi langit dieng. Penerbangan lampion diiringi lagu perjuangan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Denny Caknan sempurnakan penghujung konser musik Jazz di Atas Awan pada gelaran Dieng Culture Festival (DCF) 2022, Jumat (2/9/2022) malam.

Ganjar yang ditemani istri, Siti Atikoh berjoget bareng di atas panggung dengan iringan tembang “Los Dol”.

Jazz di Atas Awan merupakan rangkaian Dieng Culture Festival. Musisi asal Ngawi Jawa Timur itu menyuguhkan sejumlah lagu andalannya. Di antaranya Kartonyono Medot Janji, Satru, dan Mendung Tanpa Udan. Para penonton hanyut dalam lagu “ambyar” berbahasa Jawa itu.

Di lagu pamungkas berjudul “Los Dol”, Denny Caknan mengajak Ganjar untuk menaiki panggung dan berjoget bersama. Suhu udara yang hanya 6 derajat celsius mendadak menjadi hangat.

Selain Danny Caknan, malam itu juga tampil beberapa musisi seperti Bima Sakti, Star and Rabbit, Saptu, Jagarta, Amorisa, dan Fourhband.

Bukan hanya pentas musik, DCF tahun ini dilaksanakan selama tiga hari. Mulai acara tradisi cukur rambut gimbal, Sabtu (3/9/2022), kirab budaya, minum purwaceng bersama, penerbangan lampion dan lain sebagainya.

Ketua Panitia DCF, Alif Fauzi menyampaikan bahwa kali ini pihaknya mengusung tema Return Of The Light, karena digelar secara luring, setelah beberapa tahun hanya dilaksanakan daring.

Ia berharap DCF menjadi daya tarik sekaligus kebangkitan dunia wisata pasca pandemi Covid-19.

Sedikitnya pada Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022, Jumat (2/9/2022) digelar Aksi Dieng Lestari yang diikuti oleh 1.5166 peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

Pada aksi tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto bersama dengan Pokdarwis Dieng Pandawa dan seluruh peserta kegiatan juga menggelar agenda pemecahan rekor MURI.

Rekor MURI itu berupa aksi minum bersama 1.116 Purwaceng yang merupakan minuman khas Dieng.

Purwaceng merupakan minuman berbahan tanaman organik khas Dieng yang diyakini dapat meningkatkan kebugaran dan memberikan kehangatan, sehingga sangat cocok diminum oleh para peserta usai berkegiatan. (*)

Check Also

Konser Solo Suga BTS

Konser Solo Suga BTS “SUGA | Agust D TOUR in Jakarta” Siap Digelar di Indonesia Convention Exhibition

Konser Solo Suga BTS “SUGA | Agust D TOUR in Jakarta” Siap Digelar di Indonesia …

Daftar Lengkap Jadwal dan Harga Tiket Konser Tulus 2023: Tur Manusia

Daftar Lengkap Jadwal dan Harga Tiket Konser Tulus 2023: Tur Manusia INFOJATENGTERKINI.COM — Berikut ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *