Kota Pekalongan Kini Miliki Layanan Lab Patologi Anatomi dan Vaksinasi Internasional

Kota Pekalongan Kini Miliki Layanan Lab Patologi Anatomi dan Vaksinasi Internasional

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN — Kabar gembira bagi warga Pekalongan dan sekitarnya karena kini Pemerintah Kota Pekalongan memiliki dua pelayanan terbaru yaitu layanan vaksinasi internasional dan laboratorium Patologi Anatomi  di RSUD Bendan Pekalongan.
Secara resmi launching dua layanan itu dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, didampingi Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya di aula RSUD Bendan Pekalongan.
Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid menyampaikan, dengan hadirnya dua pelayanan tersebut maka pemerintah melalui rumah sakit selalu melakukan terobosan-terobosan terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
“Harapannya, ke depan semua penanganan medis di masyarakat bisa terlayani di Kota Pekalongan melalui RSUD Bendan, supaya tidak perlu dirujuk ke luar kota apabila menderita penyakit tertentu,” kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, Senin (23/5/2022).
Aaf berharap ini menjadi keberkahan dan solusi bagi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik
Sementara itu, Plt Direktur RSUD Bendan Pekalongan, dr Difayana menjelaskan di HUT ke-13 tahun 2022 ini, RSUD Bendan melaunching pelayanan vaksinasi meningitis dan influenza dengan standarisasi dan sertifikat internasional, sehingga vaksin ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang hendak berangkat haji dan umroh.
Sementara laboratorium patologi anatomi, menjadi salah satu inovasi RSUD Bendan Pekalongan dimana pemeriksaan sel-sel baik sel normal, sel abnormal, sel ganas seperti kanker bisa terlayani di RSUD Bendan.
“Alhamdulillah RSUD Bendan Pekalongan menjadi rumah sakit tipe C yang pertama kali di Indonesia membuka layanan laboratorium patologi anatomi,” ucapnya.
dr Difayana menambahkan, sudah sekitar satu minggu ini, layanan vaksinasi internasional dan laboratorium patologi anatomi tersebut sudah beroperasi dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
Sebelumnya, vaksin meningitis di Kota Pekalongan biasanya dilayani di jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) atau Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di tingkat Pemerintah Daerah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*