Kantor LSM GMBI Diserang, 5 Mobil Dirusak dan 80 Orang Diamankan

INFOJATENGTERKINI.COM — Sebanyak 80 anggota ormas diamankan polisi untuk dimintai keterangan buntut dari bentrok ormas di Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan penyerangan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen oleh oknum ormas Pemuda Pancasila (PP), Senin (23/8/2021).

Akibat peristiwa ini di Jalan Yos Sudarso No 128 Gombong, itu sempat mengakibatkan kemacetan.
Kronologi kejadian, sekira pukul 09.00 WIB sejumlah pengurus dan anggota LSM GMBI berkumpul untuk melaksanakan audiensi ke Polres Purworejo.

Namun, tiba-tiba sekira pukul 10.00 WIB kurang lebih 50 orang anggota PP Kebumen lewat depan sekretariat sambil berteriak-teriak.

Kemudian sekira pukul 12.15 WIB, rombongan Ormas PP Kebumen datang kembali dengan massa lebuh besar, sekira 100 orang.

Mereka langsung melakukan penyerangan dan pengerusakan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen dengan menggunakan senjata tajam, kayu, batu, dan pentongan besi.

Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama saat memberikan keterangan Pers, menjelaskan pengrusakan sekretariat LSM GMBI oleh oknum Ormas Pemuda Pancasila ini mengakibatkan kerugian materiil sekitar 5 kendaraan diduga milik LSM GMBI yang terparkir di depan sekretariat di Gombong. kacanya pecah, ada yang bodinya penyok. Kemudian kaca kantor sekretariat juga pecah.

Atas kejadian tersebut, polisi segera bertindak cepat dengan mengamankan 80 orang oknum anggota Ormas Pemuda Pancasila untuk dimintai keterangan.

Bentrokan pecah antara ormas Pemuda Pancasila (PP) dan LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Polisi mengungkap lima unit mobil rusak dalam kejadian ini.

Mencegah terjadinya aksi balasan, Polres Kebumen dibantu dengan Brimob Polda Jawa Tengah melakukan penjagaan baik di Markas GMBi dan juga PP.

Polres bersama dengan TNI Kodim 0709 Kebumen melakukan patroli dan berkeliling, menciptakan kondusifitas wilayah, serta mencegah adanya hal yang tidak diinginkan.

Kapolres mengatakan jika aksi perusakan oleh PP kepada LSM GMBI ini dipicu peristiwa gesekan pada sekitar satu minggu lalu. Namun, gesekan tersebut bukan antara ormas PP dengan GMBI, melainkan orang lain.

“Pemicu sebenarnya beberapa hari lalu, mungkin seminggu lalu, ada gesekan, tapi bukan PP dan GMBI, tetapi PP dengan orang yang masih dalam identifikasi,” katanya.

Kasus tersebut masih ditangani oleh Polres Kebumen, karena kedua belah pihak saling melaporkan. (*)

sumber : gatra/detik.com

Check Also

putri leonor

Sosok Putri Leonor, Pewaris Tahta Kerajaan Spanyol yang Rupawan dan Menawan

Sosok Putri Leonor, Pewaris Tahta Kerajaan Spanyol yang Rupawan dan Menawan INFOJATENGTERKINI.COM — Putri Leonor …

iPhone XR

Duh Gusti: Pasangan Suami Istri Ini Tega Menjual Bayi Demi Memiliki iPhone 14

Bengal Barat, India – Pasangan suami istri di Bengal Barat, India, telah terjerat dalam skandal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *