Inilah Persyaratan Bantuan Presiden (Banpres) untuk UMKK di Polman Sulawesi Barat

INFOJATENGTERKINI.COM — BAGI Anda pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) yang ingin mendapatkan bantuan presiden, kini pemerintah telah meluncurkan program bantuan pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

Tujuannya adalah agar masyarakat dapat mengembangkan usahanya ditengah pandemi.

Berdasarkan informasi bahwa bantuan presiden ini dimulai pertengahan September dan akan ditutup tanggal 13 November 2020 mendatang.

Dana ini diperuntukkan untuk seluruh warga yang memiliki usaha, baik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ataupun Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah memiliki surat keterangan usaha dari desa atau kelurahan masing-masing.

“Persyaratan untuk daftar banpres harus ada keterangan dari desa, bahwa masyarakat ini ada usahanya ” tutur Faisal Katohidan selaku kepala bidang industri

Adapun banyak nya bantuan yang akan diterima adalah sebagai berikut;
1. Bengkel- Rp. 3jt
2. Meubel- Rp. 3.5jt
3. Kue- Rp. 2jt
4. Gula merah- Rp. 2jt
5. Kerajinan rotan/atap- Rp. 2.5jt
6. Penjahit- Rp. 2jt
7. Pengeringan ikan- Rp. 2jt
8. Kerupuk- Rp. 2jt
9. Batu merah- Rp. 3.5jt
10. Tenun- Rp. 2jt
11. Pengemasan madu- Rp. 2jt
12. Minyak kelapa- Rp. 2.5jt
13. Depot air minum- Rp. 2jt
14. Tempe- Rp. 2jt
15. Olahan makanan- Rp. 2jt
16. Pertukangan- Rp. 3.5jt

Namun perlu dicatat bahwa yang akan mendapat bantuan dari program pemerintah ini adalah pelaku usaha yang telah memiliki surat keterangan usaha.

Seorang pelaku UMKM, Anisa Basri mengaku sudah lama menunggu dana ini sejak Lebaran haji lalu, kini dirinya baru mendapat panggilan untuk melengkapi persyaratan lagi.

Berdasarkan informasi pihak terkait, Banpres provinsi Sulawesi Barat telah meluncurkan bantuan untuk pengusaha dengan kuota sementara terdapat 1.500 data yang lolos verifikasi.

“Data Polman 6000 2019 di ferivikasi tidak semua dapat, 1000 di dapat IKM. Data kuota UKM 500 lebih. Jd 1500 jumlahnya. Banyak yang gugur, ada yang sudah meninggal, dan berhenti usahanya” ucap Faisal

Syarat yang perlukan untuk mendaftar dalam progam ini adalah sebagai berikut:
– FotoCopy KK sebanyak 5 lembar
– Fotocopy KTP sebanyak 5 lembar
– Fotocopy nota kebutuhan usaha sebanyak 5 lembar
– Formulir data IKM sebanyak 1 lembar
– Fotocopy buku rekening sebanyak 1 lembar

“Program ini sudah tersampaikan di seluruh desa, dan di beberapa sosial media lainnya. Adapun pendaftaran progam ini bisa langsung datang ke kantor disperindag polewali atau melalui online lewat link https://bit.ly/retail-sulbar untuk masyarakat kalau sudah dapat, gunakan dana bantuan untuk usahanya, supaya gunakan dengan bermanfaat untuk keperluan usaha ta, jangan buat yang tidak perlu,” pungkas Faisal. (*)

Penulis : Siti Husnul Khotimah

Mahasiswi UIN Walisongo Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*