Digitalisasi Tata Kelola Unisri Surakarta untuk Kompetisi Tingkat ASEAN

INFO JATENG TERKINI — Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mempersiapkan SDM dan sarana prasarana (sarpas) agar bisa berkompetisi baik di tingkat lokal, regional, nasional, bahkan tingkat ASEAN.

Rektor Unisri, Prof. Dr. Ir. Sutardi, MAppSc mengatakan maka perlunya digitalisasi tata kelola, baik dari sisi SDM maupun sarpras.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Drs. Sularno, menyambut gembira  dan akan selalu memberikan dukungan semua program dan kegiatan yang disusun tentunya dengan mengedepankan skala prioritas dan potensi yang dimiliki.

Pembahasan program dan kegiatan dilakukan dalam tiga komisi.

Komisi A membahas pendidikan, penelitian dan pengabdian di bawah supervisi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Rispantyo, MSi.

Komisi B membahas program dan kegiatan SDM serta saspras dengan supervisi Wakil Rektor SDM dan Keuangan, Dr. Bambang Ali Kusumo, MH.

Komisi C membahas program dan kegiatan Kemahasiswaan dan Alumni dengan supervisi Dr. Sutoyo, MPd.

Sejarah UNISRI

Hari jadi Universitas Slamet Riyadi ini mengacu pada tanggal pendirian Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Slamet Riyadi yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Mulyatno, SH. Surakarta Nomor 11 tanggal 21 Juni 1980.

Hingga tahun 2011, AD/ART YPT Slamet Riyadi telah mengalami perubahan beberapa kali, dan yang terakhir adalah perubahan guna menyesuaikan dengan UU No 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Dengan demikian YPT Slamet Riyadi telah berbadan hukum sebagaimana yang termuat dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia tanggal 8/4-2008 No. 29.

Secara defakto, Universitas Slamet Riyadi sudah ada sejak tahun 1977 yaitu saat Universitas Slamet Riyadi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat (YPSH) yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1977 berdasarkan SK No. 04/Kep/YPSH/1977.

Namun dalam perjalanan Universitas Slamet Riyadi yang saat itu memiliki Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, pengelolaannya diserahkan oleh YPSH kepada YPT Slamet Riyadi pada tanggal 21 Juni 1980.

Universitas Slamet Riyadi dengan sebutan UNISRI mendapat status tercatat dari Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah berdasarkan Surat Keputusan No. 119/K/22/Kop.VI/1980 tanggal 30 Juni 1980. Selanjutnya, pada tanggal 24 Oktober 1981 UNISRI mendapat status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan SK Menteri P dan K Nomor 0309/0/1981 tanggal 24 Oktober 1981 untuk jenjang Sarjana Muda. Guna memenuhi animo para mahasiswa maka pada tahun 1983, YPT Slamet Riyadi mengajukan status terdaftar untuk jenjang Sarjana, dan status legal formalnya didapatkan pada tahun 1984.

Fakultas

Pascasarjana
Fakultas Hukum
Fakultas Ekonomi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Pertanian
Fakultas Teknologi Pangan

Organisasi Kemahasiswaan

1. Untuk menjalankan fungsi representatif dan koordinatif mahasiswa di tingkat Universitas, diselenggarakan oleh :

Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM)
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Berkoordinasi dengan Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.
2. Untuk menjalankan fungsi representatif dan koordinatif mahasiswa di tingkat Fakultas, diselenggarakan oleh :

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM)
Berkoordinasi dengan Dekan melalui Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.
3. Untuk menjalankan fungsi representatifdan koordinatif mahasiswa di tingkat Program studi, diselenggarakan oleh :

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)
4. Berkoordinasi dengan Ketua Program Studi dan Wakil Dekan.
Tata kerja lembaga kemahasiswaan dan antar lembaga kemahasiswaan di lingkungan UNISRI akan diatur lebih lanjut di dalam AD/ART masing-masing lembaga.
5. Prosedur penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan akan ditentukan lebih lanjut dengan manual prosedur kemahasiswaan.
Unit Kegiatan Mahasiswa
Untuk menyalurkan bakat, minat, dan kegemaran mahasiswa UNISRI, maka dibentuklah Unit Kegiatan Mahasiswa: dari, oleh dan untuk mahasiswa yang berbakat, minat, dan memiliki kegemaran sejenis. UKM tersebut meliputi :

1. Resimen Mahasiswa
Dalam penyelenggaraan pendidikan kemiliteran untuk pemberdayaan kemampuan dan ketrampilan sebagai anggota Resimen Mahasiswa Batalyon Cakrabuana, Mahadipa, maka dilakukan kerjasama Kodam IV Diponegoro dengan pembeayaan dari para mahasiswa dan dukungan kampus.

2. ARCAPADA
UKM ini merupakan tempat berhimpunnya mahasiswa UNISRI yang punya. kegemaran terhadap alam, dengan kegiatan seperti panjat tebing, mendaki gunung, telusurgoa, pelestarian alam.

3. UKMI
Unit Kerokhanian Mahasiswa Islam (Jamaah Masjid Kampus UNISRI “Ar-Rahman”), yang mengadakan kegiatan kerokhanian Islam yang diperuntukan bagi seluruh mahasiswa Islam UNISRI, termasuk ikut berpartisipasi dalam MTQ mahasiswa tingkat daerah dan nasional.

4. Unit Kerokhanian Mahasiswa Katholik
UKM ini menyelenggarakan kegiatan kerokhanian kristen katholik bagi mahasiswa katholik UNISRI, dan berpeluang untuk mengikuti Paduan Suara Gerejawi yang diselenggarakan Dikti.

5. Unit Kerokhanian Mahasiswa Kristen
UKM ini menyelenggarakan kegiatan kerokhanian kristen protestan bagi mahasiswa kristen protestan UNISRI, dan berpeluang untuk mengikuti Paduan Suara Gerejawi yang diselenggarakan Dikti.

6. Persma”APRESIASI”
UKM ini menyelenggarakan kegiatan pers kampus berbasis web, buletin, dan kerjasama dengan harian Joglo Semar untuk rubrik akademika.

7. Paduan Suara
UKM ini di samping kekhususannya di bidang paduan suara, juga menggarap kesenian mahasiswa di bidang seni untuk bisa berkiprah dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS), di bawah pembinaan UNISRI dan Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI), dengan cabang kesenian seperti: Seriosa, dangdut, pop, tari, lukis, fotografi, vocal group, monolog, penulisan cerpen dsb.

8. Olah Raga
UKM ini menyelenggarakan kegiatan olah raga bagi mahasiswa, sesuai dengan bakat, minat, dan kegemarannya. Cabang Olah raga yang diminati mahasiswa antara lain: Tenis Meja, Bulu Tangkis, Futsal, Bola Basket, Sepak Bola, Pencak Silat, Karate. Kegiatan Olah Raga tersebut dipertandingkan dalam Pekan Olah Raga Mahasiswa Daerah (POMDA) dan Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS).

9. Kelompok Sukarelawan
Kelompok sukarelawan merupakan unit kegiatan mahasiswa yang mewadahi minat dan kegemaran mahasiswa di bidang rescue. Kelompok ini telah aktif dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, penanganan korban bencana alam, dan kegiatan lain terkait dengan misi kemanusiaan.

10. Pramuka
UKM Pramuka adalah unit kegiatan mahasiswa di bidang kepanduan. UKM ini, disamping berkegiatan yang berhubungan dengan kepanduan, juga melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti halnya KSR. Pramuka telah menunjukkan keberadaannya dengan melibatkan diri pada kegiatan jambore tingkat daerah dan tidak menutup kemungkinan pada tingkat nasional.

11. Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan (UKMW)
UKMW ini merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat pada bidang kewirausahaan. Keberadaan UKM ini diwujudkan dengan didirikannya Pusat Bisnis Mahasiswa berupa kantin dan toko mahasiswa yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan pokok mahasiswa. UKM ini sesuai dengan slogan universitas yakni Kampus Entrepreneur.

12. Theater Sukamto
UKM ini menggarap kegiatan mahasiswa di bidang seni untuk bisa berkiprah dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS), di bawah pembinaan UNISRI dan Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI), khususnya cabang seni peran, seni tari, monolog, penulisan cerpen dsb.

Dalam menyelenggarakan kegiatan Kemahasiswaan, baik di tingkat Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM), Unit kegiatan Mahasiswa(UKM), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), maka dalam pelaksanaannya perlu memperhatikan rambu rambu sebagai berikut :

Setiap mahasiswa berhak untuk mengadakan dan atau mengikuti kegiatan kemahasiswaan.

Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan sebagaimana dimaksud pada pointa, diatas, tidak boleh mengganggu kegiatan belajar dan pembelajaran dan kegiatan administrasi lainnya.
Kegiatan kemahasiswaan dapat dilaksanakan sepanjang menggunakan nama dan atau atribut universitas, fakultas, jurusan dan atau program studi dengan seijin Rektor, Dekan, Direktur, Ketua Jurusan dan atau Program Studi sesuai dengan ruang lingkup kegiatannya.

Setiap kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan di UNISRI, penyelenggara wajib mengkoordinasikan dengan SATPAM UNISRI.

Setiap kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan di luar kampus UNISRI harus memberitahukan dan atau meminta ijin kepolisian, kecuali peraturan menghendaki lain.

Fasilitas

LPM
LPPM
Unit Pengelola Teknis Komputer (UPT Komputer)
Perpustakaan
Sentra Bisnis dan Kewirausahaan Mahasiswa
Laboratorium
Auditorium
Kebun Pendidikan

Poliklinik

 Alamat
Jl. Sumpah Pemuda 18, Kadipiro, Surakarta
 Telpon
0271-853839
 Email
info@unisri.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*