Kawasan Industri Brebes akan Dipindahkan ke Kawasan Industri Batang

Pemerintah akan Pindahkan KI Brebes ke Batang
INFO JATENG TERKINI — Gara-gara terkendala pembebasan lahan untuk Kawasan Industri Brebes,  Menteri BUMN Erick Thohir memindahkan pengembangan kawasan industri (KI) dari  Brebes ke Batang.
“Kalau mendengar ada proyek pembangunan kawasan industri di Brebes, kemungkinan akan diubah ke Batang. Tapi ini terlalu dini disampaikan,” ujarnya.
Menurut Erick , investor dari Jepang akan berinvestasi ke Indonesia dalam waktu 6 bulan ke depan.
Di tengah rencana itu, pemerintah masih harus membebaskan lahan di Brebes. “Di Brebes perlu pembebasan lahan,” imbuhnya.
Karena rencana itu, Erick menuturkan, lahan milik PTPN di Batang seluas 4 ribu hektare dan 300 meter berupa rel kereta api dan pelabuhan peninggalan Belanda akan dikonversi menjadi lahan industri.
“Semua akan dikonversikan jadi lahan industri investasi percepatan pemindahan partner dari Jepang dan Amerika Serikat (AS),” paparnya.
Menurut dia, langkah itu harus dilakukan, karena pemerintah harus cepat bergerak mengembangkan Kawasan Industri untuk menggaet investor global ke Indonesia. Jika harus membangun dari nol, Erick menyebut, prosesnya akan memakan waktu lama.
“Tidak mungkin bebaskan lahan dulu, bangun infrastruktur. Itu baru 2 tahun kemudian nanti jadi. Sudah telat. Ini kami harus lebih agresif,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*