Pilot Tempur Pertama TNI AU, Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti

INFO JATENG TERKINI  —  Inilah calon penerbang pesawat tempur wanita atau perempuan fighter pertama dari TNI Angkatan Udara (AU).

Calon penerbang pesawat tempur ini bernama Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti, lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 2018.

Ajeng dilantik menjadi calon fighter oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna pada Senin (18/5) lalu.

Ajeng memulai pengabdiannya di Skadron Udara 15 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan di Jawa Timur.

Bagaimanakah kisah Letda Pnb Ajeng hingga akhirnya bisa menjadi calon penerbang pesawat tempur perempuan pertama di Indonesia.

“Saya belum menjadi penerbang pesawat tempur. Saya baru lulus dari sekolah penerbang TNI AU yang saya tempuh selama 1,5 tahun di Yogyakarta. Saya diberi tugas dan amanah dari pimpinan untuk menjalankan tugas lanjutan sebagai fighter pilot yang bertugas di Skadron 15 Lanud Iswahjudi. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya karena pimpinan dan lembaga memberikan amanah tersebut,” ujarnya.

Dirinya diproyeksikan bakal menjadi perempuan pertama di Indonesia sebagai penerbang tempur TNI Angkatan Udara Indonesia.

Meski awalnya dia tidak pernah menyangka akan menjadi penerbang, terutama fighter pilot.

“Pada awalnya saya hanya ingin menjadi seorang tentara, karena memang keinginan tersebut saya dapatkan ketika saya duduk di bangku SMA. Saya pernah diberi kesempatan menjadi anggota paskibraka tingkat nasional 2011 mewakili DKI Jakarta, jadi mulai dari situlah titik awal mula saya menjadi seorang tentara. Selain itu saya lahir dan besar di lingkungan keluarga militer,” tambahnya.

Lebih lanjut Ajeng mengaku melewati proses awal di sekolah penerbangan TNI AU selama satu setengah tahun.

Selama satu setengah tahun tersebut saya juga dilatih, dibina, dan dipersiapkan agar bisa mengawaki alutsista (alat utama sistem pertahanan) milik TNI AU.

Jadi banyak sekali latihan yang dia dapat selama satu setenghah tahun. “Saya belajar terbang aerobatik, formasi, terbang navigasi, terbang malam, terbang instrument, dan masih banyak yang lainnya,” ujarnya.

Biodata

Nama lengkap : Ajeng Tresna Dwi Wijayanti

Nama panggilan : Ajeng

Kelahiran: Jakarta, 25 Sept 1995

Alamat rumah : Jl PGT 4 no 14 Dwikora Halim Perdana Kusuma, Jakarta

Hobi : Membaca, menyanyi, mendengar musik

Tinggi badan : 172cm

Berat badan : 65 kg

Akun instagram : @ajengtres

Pendidikan:

– SD Angkasa V Halim, Jakarta

– SMP Negeri 80 Halim, Jakarta

– SMA Negeri 51 Condet, Jakarta

– Akademi Angakatan Udara 2018

– Sekolah Penerbang TNI AU A-97

Keluarga: Anak ke- 2 dari 3 bersaudara

Orangtua: Prayitno (TNI AU) dan Wiwi Sundari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*